6 Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Biologi 101: Seberapa Jauh Kamu Mengenali Anatomi Tubuh Manusia?

Anatomi tubuh manusia merupakan kumpulan semua organ yang ada pada tubuh manusia. Anatomi tubuh manusia sendiri dibagi menjadi beberapa sistem yang mempunyai tugas masing masing dan saling melengkapi.

Dari banyak nya sistem yang ada pada tubuh manusia. Terbentuk oleh suatu sistem, seperti contoh sistem rangka. Sistem rangka sendiri terdiri dari, tulang kepala, tulang kerangka dada, tulang kerangka wajah, tulang lengan dan masih banyak lainnya. Penasaran, sistem apa saja yang ada pada tubuh manusia? Berikut 6 sistem anatomi tubuh manusia.

1. Sistem Otot

Sistem otot salah satu sistem terpenting yang ada pada anatomi tubuh manusia. Sistem otot sendiri memiliki fungsi sebagai pergerak tubuh, melancarkan aliran darah, dan juga menjalankan serta melengkapai sistem anatomi tubuh lainnya.

Sistem Otot terbagi menjadi tiga jenis yaitu otot rangka rangka yang terhubung dengan tulang, otot polos yang berada dibagian pencernaan, dan juga otot jantung yang ada pada organ jantung.

2. Sistem Pencernaan

Sistem anatomi tubuh manusia selanjutnya adalah sistem pencernaan. Sistem ini sendiri sangat penting bagi tubuh manusia. Pasalnya, pencernaan pada tubuh manusia bergantung pada sistem pencernaan.

Sistem pencernaan sendiri melibatkan organ organ yang ada pada saluran pencernaan. Saluran pencernaan sendiri dimulai dari mulut hingga usus besar. Fungsi dari pencernaan tersebut akan menghasilkan gizi serta zat yang di dapat dari berbagai makanan yang kita konsumsi.

3. Sistem Saraf

Spesifiknya, sistem ini berfungsi sebagai mengumpulkan, mengirimkan, dan memperoses informasi yang ada pada otak dan saraf. Ada dua jenis sistem saraf yaitu, saraf pusat dan saraf tepi.

Saraf pusat sendiri terdiri dari otak dan juga sumsum tulang belakang. Sedangkan, saraf tepi terdiri atas saraf otonom dan somatis. Salah satu sistem dari anatomi tubuh manusia ini sangatlah penting.

4. Sistem Rangka

Pembagian Sistem ini terdiri dari 206 tulang bagian yang memiliki tugas masing masing, berikut bagian bagian tersebut. 8 buah tulang kerangka kepala, 25 buah tulang kerangka dada, 14 buah tulang di wajah, 26 buah tulang di belakang dan pinggul, 6 buah tulang di telinga dalam, 64 buah tulang lengan, 1 buah tulang lidah, dan 62 buah tulang di bagian kaki.

Dari banyaknya bagian sistem rangka. Bagian bagian tersebut memiliki fungsi dan tugas masing masing. Sistem rangka, merupakan salah satu sistem terpenting yang ada pada anatomi tubuh manusia.

5. Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan memiliki fungsi memberikan oksigen kepada tubuh manusia. Sistem ini terdiri dari 3 bagian utama, yaitu.

– Saluran napas. Tugas utama dari saluran ini membawa udara melewati hidung menuju paru paru. Saluran ini terdiri dari hidung, faring, bronkus, bronkulius, mulut laring dan trankea.

– paru paru. Fungsi dari paru paru sendiri adalah menukar oksigen kedalam tubuh dan karbon dioksida keluar tubuh.

– Otot Respirasi. Yang bertugas untuk mendorong udara membawa ke bagian diagfragma.

6. Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem terakhir dari anatomi tubuh manusia adalah sistem Kekebalan tubuh. Fungsi atau tugas dari sistem ini adalah menjaga tubuh dari berbagai virus dan bakteri hingga penyakit berbahaya yang bisa datang dari luar daerah tubuh manusia.

Sekian informasi tentang 6 sistem Anatomi tubuh manusia. Sebeneranya masih banyak sistem anatomi tubuh lain yang ada pada tubuh manusia. Rangkuman diatas semoga bisa menjadi contoh untuk kita agar hidup lebih waspada dan selalu sehat.

Leave a comment

Your email address will not be published.